Selasa, 02 April 2013

Tugas Softskill


Hak dan Kewajiban Warga Negara


Hak Mendapat Pendidikan


I. PENDAHULUAN

Latar Belakang
Pendidikan adalah pilar utama dalam kemajuan suku bangsa, dimana suatu dikatakan negara maju apabila pendidikan negara tersebut berkembang pesat dan memadai. Tanpa pendidikan negara akan hancur. Dengan pendidikan kita bisa mengetahui atau mengenal sesuatu hal yang tak diketahui menjadi tahu. Dengan begitu pendidikan di negara kita bisa meningkatkan potensi diri dan cara berpikir kita, bahkan bisa dikatakan, kalau mau bahagia di dunia haruslah dengan ilmu. bahwa Ilmu itu sangat penting dan utama, bahkan orang yang berilmu sangat bermanfaat bagi orang lain maupun diri sendiri.
Untuk mendapatkan ilmu adalah dengan pendidikan. Karena dengan pendidikan seseorang tak akan mudah di bohongi dan di tipu daya. Cara berpikir orang yang berpendidikan dengan tidak bisa diketahui tentunya, seorang yang berpendidikan haruslah mencerminkan bahwa dirinya memanglah orang yang terdidik, dan harus bisa bermanfaat bagi sekitarnya.
Pendidikan merupakan hal kompleks dan luas, sehingga muncul berbagai masalah. Pendidikan memerlukan suatu sistem yang benar-benar bagus dan berkualitas. Di Indonesia menerapkan wajib belajar 9 tahun, sedangkan seseorang diterima bekerja rata-rata mempunyai latar belakang pendidikan formal minimal SLTA atau sederajat. Sedangkan pendidikan bukan hanya formal melainkan juga informal, dan keutamaan dari pendidikan adalah pengembangan pola pikir yang lebih baik dan bermartabat.



II. PEMBAHASAN

Setiap orang mempunyai hak dan kewajiban yang sama dan setiap orang seharusnya juga berhak mendapatkan pendidikan yang layak, tanpa terkecuali apakah mereka kaya atau miskin. pengetahuan itu sangat penting, karena dari ilmu pengetahuan kita bisa menjadi tahu dari apa yang sebelumnya tidak kita ketahui. Dan kita tidak akan dengan mudah dibodohi oleh orang lain. Seharusnya setiap orang memang mempunyai ilmu pengetahuan. kita juga harus paham akan kemajuan teknologi. Agar dapat menyeimbangi dengan perkembangan teknologi yang ada. Apalagi pendidikan 9 tahun sangat di tegaskan, jadi pemerintah seharusnya membiayai mereka yang kurang mampu.
       Ilmu bisa kita dapatkan di mana saja, di sekolah, private, membaca buku, atau browsing lewat internet mengenai ilmu apa saja yang setidaknya bermanfaat dan perlu dipelajari. Dalam hal ini pemerintah harus lebih jeli melihat kepada masyarakat yang kurang mampu untuk mendapatkan hak sekolah gratis belajar sampai 9 tahun
          Banyak dijaman yg sekarang ini anak-anak yg seharusnya dia sekolah, belajar tapi malah lebih sering dijalanan atau ngamen. Apa itu layak buat anak-anak jaman sekarang yg hidupnya lebih banyak diluar dan membantu kehidupan dia sendiri. Dimana hak mendapat pendidikan yg layak buat anak-anak sekarang? Pendidikan gratis belom tentu anak-anak bisa mengikutinya. Jadi pemerintah secepatnya melihat anak-anak yg nasibnya masih dikelas bawah untuk meramaikan dibidang pendidikan yg nantinya akan menjadi Negara yg maju.





III. PENUTUP

Saran
Setiap manusia berhak mendapatkan pendidikan yang layak dari SD, SLTA, SMA selama 9 tahun secara gratis, agar seseorang tersebut tidak dibodohin oleh orang lain. Biasanya banyak sekali masyarakat dari golongan yang kurang mampu tidak mendapatkan pendidikan yang semestinya ia terima. Padahal beberapa dari mereka mungkin lebih pintar dari pada golongan orang-orang yang mempunyai banyak harta. Bagi orang-orang yang tidak mampu, juga layak mendapatkan itu semua.  Pemerintah diharapkan dapat membantu mereka, bukan hanya ilmu pengetahuan tetapi juga teknologi yang semakin modern. Seperti yang tercantum pada UUD pasal 31 ayat 5 yang berbunyi : Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradapan serta kesejahteraan umat manusia.
Kesimpulan
Sikap pemerintahan disini harus lebih tegas mengenai program-program yang sudah ada maupun sudah dijalani dengan sesuai standarnya, sehingga program tersebut dari tahun ketahun tidak harus dirubah melainkan lebih dikembangkan supaya pas komposisinya terhadap masyarakat yang kurang mampu bahkan yang sangat membutuhkan sekaligus.



DAFTAR PUSTAKA
Sumber lain :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar