Pengertian Organisasi dan Metode
Organisasi  dan metode merupakan satu hal yang sulit untuk  dipisahkan. Keduanya  memilik pengertian masing-masing namun bila  disatukan akan tercipta  sebuah keterkaitan yang amat erat.
Organisasi  secara umum merupakan suatu kelompok orang dalam suatu  wadah untuk  mencapai tujuan bersama.Agar tujuan organisasi dan tujuan  individu  dapat tercapai secara selaras  dan harmonis maka diperlukan  kerjasama  dan usaha yang sungguh-sungguh  dari kedua belah pihak  (pengurus  organisasi dan anggota organisasi)  untuk bersama-sama  berusaha saling  memenuhi kewajiban masing-masing  secara bertanggung  jawab, sehingga  pada saat masing-masing mendapatkan  haknya dapat  memenuhi rasa  keadilan baik bagi anggota organisasi/pegawai  maupun bagi  pengurus  organisasi/pejabat yang berwenang.
Metode  adalah cara untuk melakukan pekerjaan agar berdaya guna dan  berhasil  guna. Untuk memperlancar jalannya usaha diperlukan  metode-metode kerja  yang tepat. Fungsi metode berarti sebagai alat untuk  mencapai tujuan.
Organisasi  memerlukan metode begitupun sebaliknya untuk mencapai  metode kerja  yang sesuai dengan kebutuhan organisasi, baik yang   menyangkut proses  produksi maupun administrasi tidak terjadi begitu saja   melainkan  memerlukan waktu yang lama. Bahkan sering terjadi, untuk   memperoleh  metode kerja yang sesuai dengan kebutuhan organisasi,   pimpinan  perusahaan meminta bantuan ahli. Hal ini dilakukan karena   penciptaan  metode  kerja, mekanisme kerja, serta prosedur kerja sangat   besar  manfaatnya bagi suatu organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar